Search This Blog

Sunday, September 16, 2018

Internet - TIK kelas IX



INTERNET



Pada Era Digital saat ini peranan teknologi informasi dan komunikasi menjadi sangat penting. Hampir seluruh sektor kehidupan manusia saat ini memerlukan sentuhan dan bantuan teknologi tersebut sehingga sangat penting bagi manusia untuk memahami cara kerja dan cara pakai teknologi tersebut, terutama Internet sebagai bagian penting dalam era digital saat ini.


Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran dan jenis jaringan komputer di seluruh dunia. Jaringan-jaringan komputer ini saling berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain melalui bantuan telepon dan satelit, yang digunakan untuk keperluan pemerintahan, pendidikan, perdagangan, ilmu pengetahuan dan perorangan.

Pengertian internet ( interconnection networking) sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya




Sejarah lahirnya internet

Tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika US Defence melaui lembaa Advance Research Projects Agency (ARPA) mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik untuk kebutuhan militer, program riset ini dinamai ARPANET dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.
Empat tempat yang pertama kali terhubung jaringan ARPANET :
a. University of Utah
b. University California of Los Angles (UCLA)
c. University California of Santa Barbara (UCSB)
d. Stanford University

Terdapat 2 peran internet
•      Sumber data dan informasi
•      Sarana pertukaran data dan informasi

Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Tahun 1971, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.



Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
Fasilitas / layanan yang tersedia di internet :
1. www (World Wide Web)
2. E-mail (Electronic Mail)
3. IRC (Internet Relay Chat)
4. Telnet
5. Mailling List
6. Newsgroup
7. Gopher
8. FTP (File Transfer Protocol)
9. HTTP (Hyper Text Trasfer Protocol)

Dampak Positif Internet
Tersedianya akses internet memang akan memudahkan Anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan akses internet, diantaranya berkomunikasi, mencari informasi hingga entertaiment. Berikut ini adalah penjelasan secara terperinci mengenai ketiga manfaat tersebut.
  1. Memperkaya wawasan dan pengetahuan
Kehadiran akses internet membawa perubahan besar bagi wawasan dan pengetahuan manusia. Kini, internet telah menjadi sumber belajar alternatif selain guru maupun buku. Bayangkan saja, asalkan terhunung dengan internet melalui perantara search engine apa pun yang Anda cari pasti menemukan jawabannya.
Jika Anda seorang pelajar, maka kebijaksanaan dalam menggunakan akses internet tentu dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Banyak sekali situs-situs di internet yang menyajikan konten edukatif kepada Anda dengan biaya yang gratis.
Misalnya apabila Anda ingin memperdalam mengenai pemahaman bahasa asing, maka dapat memanfaatkan situs duolingo.com. Tidak hanya sekedar bahasa karena dengan internet Anda juga dapat belajar berbagai pengetahuan. Caranya cukup mudah dimana Anda hanya tinggal mengunjungi situs Khan Academy.
Setiap konten yang tersedia pada masing-masing situs tersedia dalam dua bentuk, yaitu dokumen maupun video. Bagi Anda yang sulit belajar secara tekstual, maka tidak perlu khawatir karena materi video jauh lebih interaktif.

  1. Memperlancar proses komunikasi
Perkembangan internet / sejarah internet yang begitu pesat membuat proses komunikasi antar individu menjadi lebih mudah dan semakin cepat. Kini, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain menggunakan perangkat berupa smartphone maupun komputer PC melalui aktivitas chatting di jejaring sosial media.
Ada beberapa sosial media yang dapat Anda pergunakan untuk proses komunikasi mulai dari Whatsapp, Facebook, Twitter, Line bahkan Email sekalipun. Coba bandingkan dengan beberapa puluh tahun yang lalu, dimana setiap orang apabila hendak berkomunikasi harus menggunakan jasa telepon di wartel.
Penggunaan teleponnya pun tidak dapat leluasa karena semakin lama waktunya, maka makin mahal juga harganya. Kini, dengan kehadiran teknologi canggih dan akses internet, maka proses komunikasi menjadi lebih fleksibel dan murah.
3.      Berpotensi membantu bisnis Anda
Banyak orang yang telah merasakan bagaimana manfaat internet bagi perkembangan bisnis mereka. Bahkan beberapa orang mulai memanfaatkan akses internet sebagai bisnis utama mereka melalui online shop.
Selain itu, dengan hadirnya internet orang-orang lebih leluasa untuk menunjukkan potensi yang berpotensi menghasilkan pundi-pundi uang. Caranya pun sangat bervariasi, dimana Anda dapat berjualan via online dengan membuka online shop.
Jika Anda jago tutorial aplikasi tertentu, maka dapat memanfaatkan situs youtube untuk menghasilkan uang. Selain itu, tulisan-tulisan Anda menjadi lebih berarti dan dihargai jika Anda mempostingnya di blog pribadi. Semua keuntungan tersebut dapat Anda nikmati jika mendaftarkan akun pada Google Adsense.
4.      Menjadi lebih mudah dalam berbagi
Kehadiran internet membuat Anda menjadi lebih leluasa untuk membagikan apapun yang dimiliki. Misalnya pengalaman, resep masakan, video maupun foto melalui akun sosial media hingga blog pribadi. Namun, sekarang nampaknya orang mulai tertarik untuk berbagai konten apapun melalui blog pribadi. Hal ini dikarenakan banyaknya platform gratis yang tersedia seperti wordpress dan blogger.
Bukan hanya melalui blog saja karena seiring dengan berjalannya waktu, internet mulai mewadahi para pengguna dengan menyediakan konten-konten spesifik. Contohnya bagi pengguna yang menggemari aktivitas memasak atau ingin sekedar belajar dapat mengunjungi situs cookpad. Disamping itu, traveling Anda terasa belum lengkap apabila tidak mengunggah foto-foto melalui akun Instagram dan Facebook.
5.      Memberikan hiburan kepada pengguna
Perkembangan sejarah internet tidak hanya membawa dampak dalam hal kemudahan komunikasi tetapi lebih dari itu kehadirannya juga dapat menghibur. Melalui pemanfaatan akses internet, Anda dapat melakukan aktivitas seperti mendengarkan musik, menonton video, mengakses akun sosial media hingga bermain game.
Misalnya: pengguna dapat memanfaatkan situs Youtube maupun Spotify sebagai sarana mendengarkan musik dan menonton video. Selain itu, aktivitas chatting dengan saling berbalasa komentar pada akun jejaring sosial pun terkadang sudah menjadi hiburan tersendiri bagi Anda. Meskipun kelihatannya sangat sederhana tetapi aktivitas ini cukup efektif memberikan hiburan pada diri pengguna.
6.      Belanja menjadi lebih mudah
Semakin maraknya penggunaan internet membuat aktivitas keseharian pengguna menjadi terintegrasi di dalamnya. Kini, orang-orang nampaknya mulai menggemari aktivitas berbelanja secara online karena dianggap lebih mudah dan efisien. Salah satu keunggulan dari aktivitas berbelanja melalui online shop adalah Anda tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan barang yang diinginkan.
Selain itu, beberapa penyedia lapak di online shop juga biasanya menawarkan barangnya dengan harga lebih miring dibandingkan toko maupun mall. Hal ini tentu masuk akal karena untuk membuka toko online tidak membutuhkan biaya yang terlalu banyak. Pembeli dan penjual pun semakin diuntungkan dengan kemudahan berbelanja melalui internet.
7.      Mempermudah dalam pencarian lowongan pekerjaan
Salah satu kegunaan internet adalah dapat memudahkan pengguna dalam mencari informasi apapun termasuk lowongan pekerjaan. Internet menjadi solusi alternatif bagi Anda selain media cetak karena disini tersedia berbagai informasi mengenai bursa kerja.
Anda dapat mengunjungi berbagai situs yang ada di internet untuk mencari lowongan pekerjaan. Dewasa ini, para perekrut karyawan pada setiap perusahaan terkadang juga melakukan riset melalui internet. Itulah sebabnya mengapa beberapa perusahaan seringkali meminta Anda mencantumkan beberapa akun sosial media berupa Facebook, Twitter, Linkedln bahkan Instagram sekalipun.
Oleh karena itu, Anda sebaiknya selalu menampilkan citra yang positif dalam setiap postingan. Seiring dengan berjalannya waktu penggunaan internet memang semakin masif.
Namun, tahukah Anda untuk dapat berada di posisi seperti sekarang ini para pengembang internet harus melalui jatuh dan bangun. Berikut ini adalah sejarah singkat untuk melihat bagaimana perkembangan dari internet hingga seperti sekarang.

Dampak Negatif Internet
1. Pornografi
Tidaklah salah jika internet dikaitkan dengan hal-hal berbau pornografi, baik berupa gambar, video, maupun tulisan. Media internet memberikan peluang bagi seseorang untuk melihat, mengunduh, serta memperdagangkan pornografi. Chat rooms yang berisi fantasi serta role playing untuk orang dewasa pun semakin marak. Hal ini tentu sangat membahayakan bagi semua kalangan.
2. Tersebarnya Informasi Palsu
Informasi palsu atau yang lebih dikenal dengan istilah HOAX dibuat oleh orang-orang tertentu dengan tujuan menakut-nakuti orang lain, menjelek-jelekkan suatu pihak dan lain sebagainya. Sebetulnya cukup mudah untuk mendeteksi informasi palsu yang masuk dalam broadcast pesan, namun orang lebih suka untuk langsung mempercayai dan membagikan walaupun info tersebut belum dipastikan kebenarannya.
3. Menampilkan Kekejaman
Kekompleksan informasi di internet membuat beberapa situs menampilkan segala bentuk kekejaman dan kesadisan untuk menjual situs yang bersangkutan. Hal-hal bersifat tabu memang menjadi salah satu cara yang bisa menaikkan pamor situs tersebut.
4. Penipuan
Tidak hanya dalam media internet, penipuan adalah dampak negatif yang mengintai dalam segala hal. Internet menjadi salah satu sasaran para penipu untuk melancarkan aksinya. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah mengabaikan informasi tertentu yang dianggap memiliki unsur penipuan.


 


No comments:

Post a Comment