Search This Blog

Sunday, September 16, 2018

TIK dan Perangkat Komputer - TIK kelas VII





BAB I TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)


Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Teknologi adalah pengetahuan keterampilan yang dipadu untuk menghasilkan produk yang dapat digunakan manusia dalam memudahkan kegiatannya.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.


Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi
Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantuuntuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media

Contoh teknologi informasi :
-          Komputer
-          Radio
-          Televisi
-          Internet
Contoh teknologi komunikasi :
-          Satelit 
-          Modem
-          Telepon




BAB II PERANGKAT KOMPUTER




Definisi Komputer
Menurut ejaan aslinya, Komputer berarti alat hitung. Kata Komputer berasal dari bahasa latin “COMPUTARE” yang berarti menghitung (dalam bahasa inggrisnya to “Compute”)
Komputer terdiri dari alat logik yang dapat menerima data, mengolah data, kemudian memberikan hasil dari pengolahan data tadi berupa output.
Definisi komputer menurut beberapa ahli:
* Menurut buku Computer Today, komputer adalah suatu sistem elekronik untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data input ( masukan ) memproses data tersebut, dan menghasilkan output ( keluaran ) berdasarkan langkah-langkah perintah pada program yang tersimpan di memori
*  Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
* Menurut Fuori, komputer adalah suatu pemproses data yang dapat melakukan perhitungan dalam skala besar secar a cepat termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika tanpa campur tangan dari manusia
Elemen Komputer terdiri atas :
1. Perangkat Keras ( Hardware)
2. Perangkat Lunak (Sofware)
3. Brainware

 



A. Hardware (Perangkat Keras)
Hardware adalah perangkat keras yang berhubungan dengan fisik komputer, yang dapat dipegang.

Hardware terdiri dari:

1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer

Contoh Input Device adalah:
– Keyboard
– Mouse
– Scanner
– Digital Camera
– Microphone
– Lightpens


2. Process Device (Alat Proses)

Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebgai alat untuk memproses masukan data atau perintah ke komputer sebelum dikeluarkan hasilnya ke alat keluaran.

Contoh Proces Device adalah:

- CPU
- Hardisk
- RAM

3. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.

Contoh Output Device:
– Monitor
– Printer
– Plotter
– LCD Proyektor

Bagian-bagian Komputer

1. Casing
Bagian yang melapisi perangkat-perangkat keras ini disebut casing. Ibarat rumah, casing berfungsi melindungi “penghuninya” — perangkat-perangkat keras seperti motherboard, hardisk, power supply, memory dan lain-lain — dari gangguan eksternal seperti benturan, panas, debu, dan air sehingga perangkat bisa tetap berjalan seyogianya.
Casing umumnya berbentuk kotak dengan lebar antara 30–40 cm dan panjang 50–60 cm. Casing sering menjadi alas bagi monitor, meski ada juga casing yang dibuat menyatu dengan monitor.

2. Keyboard
Keyboard adalah papan yang tersusun atas tombol-tombol kecil bertuliskan huruf, angka, dan beberapa simbol yang memanfaatkan USB kabel sebagai konektornya. Keyboard digunakan sebagai sarana mengetik dalam pengoperasian komputer.



3. Mouse
Dinamai demikian karena kabelnya yang menjulur menyerupai ekor tikus.
Kegunaannya antara lain mengontrol kursor di jendela tampilan, menggulir (scrolling) halaman, dan memperbesar (zoom-in) dan memperkecil (zoom-out) tampilan.
Mouse bekerja dengan mendeteksi gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras. Akan tetapi, mouse modern tidak lagi menggunakan bola, tetapi menggunakan sinar optis yang memungkinkan pendeteksian yang lebih cepat. Bahkan, mouse sudah hadir dengan teknologi nirkabel.



4. CD/DVD ROM
CD/DVD ROM (compact disk/digital versatile disc read-only memory) merupakan salah satu memori yang hanya bisa dibaca (read-only); tidak bisa ditulis atau diubah. CD/DVD ROM hanya bisa membaca kepingan CD.
Macam-macam CD ROM:
1. CD R
Merupakan tempat penyimpanan data permanen dengan kapasitas 700Mb.
2. CD RW
Merupakan tempat penyimpanan data berkapasitas 700Mb. Yang membedakan antara CD R dan CD RW adalah kalau data yang telah disimpan di CD R tidak bisa dihapus lagi ( telah permanen ). Sedangkan CD RW data yang telah tersimpan bisa sewaktu-waktu dihapus.
3. DVD R
Sama halnya dengan CD R, tetapi DVD R memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu sekitar 4,6Gb.
4. DVD RW
Merupakan tempat penyimpanan data dengan kapasitas sekitar 4,6GB. Yang membedakan antara DVD R dan DVD RW adalah hanya dari segi penyimpanan data. Kalau di DVD R data yang tersimpan tidak bisa dihapus ( telah tersimpan dengan permanen ). Sedangkan DVD RW data yang tersimpan masih dapat seaktu-waktu dihapus. Harganya juga berbeda, tetapi tidak terlalu jauh jaraknya.

 
5. Monitor
Bagian ini disebut monitor. Fungsinya bisa dibilang mirip dengan televisi. Monitor adalah satu di antara perangkat jenis soft-copy devices yang menampilkan gambar hasil visualisasi CPU.
Sebagaimana televisi, monitor hadir dengan berbagai macam ukuran layar. Layar monitor pada umumnya berukuran 17 sampai 20 inci. Teknologi layar monitor sendiri yang paling populer adalah LED dan LCD.
Jenis-jenis monitor saat ini sudah beragam, mulai dari yang berbentuk besar dengan layar cembung, hingga bentuk slim dengan layar datar. Bahkan, kini hadir pula monitor dengan layar sentuh (touchscreen) seperti pada layar ponsel pintar (Smartphone).


6. Power Supply
Power supply adalah sebuah komponen yang berfungsi mengubah arus AC (alternating current) menjadi DC (direct current).  Dalam konteks perangkat komputer, power supply sangat dibutuhkan karena komputer hanya dapat bekerja melalui tegangan DC.
Tak heran, apabila power supply rusak, maka arus DC menjadi tidak seimbang sehingga akan terjadi kerusakan pada bagian-bagian komputer lainnya.
 
7. Mainboard
Sering juga disebut motherboard, adalah papan sirkuit yang tersusun atas beberapa komponen utama yang saling terhubung. Komponen-komponen tersebut bekerja sama dalam pengoperasian komputer. 



Bagian-bagian Motherboard (MB)
7.1. CPU
CPU atau central processing unit adalah sebuah perangkat keras yang menjadi pusat pemrosesan data.
CPU Jika dikaitkan dengan struktur tubuh manusia, ibarat otak. Jika otak manusia sebagai pusat kendali tubuh seperti bergerak, mendengar, atau berbicara, demikian pula CPU. CPU-lah yang mengontrol seluruh aktivitas komputer sehingga mampu mengeluarkan objek visual pada layar monitor (yang diterima melalui perangkat lunak), mengeluarkan suara melalui sound system, dan membuat keyboard serta mouse bekerja.
Dengan kata lain, tanpa hadirnya perangkat keras yang satu ini, mustahil sebuah komputer dapat beroperasi.
Satuan umum kecepatan CPU adalah Ghz (gigahertz), yaitu berapa gigabita yang bisa diproses dalam satu detik. Kecepatan CPU di tiap komputer berbeda; semakin tinggi kecepatan tersebut, semakin banyak pula proses yang bisa dikerjakan dalam satu detik.
 
7.2. Hard Drive / Hardisk
Inilah perangkat yang bertugas menyimpan seluruh pekerjaan kamu di komputer. Hard drive, atau yang biasa disingkat HDD, adalah memori internal dalam komputer yang bersifat permanen.
Artinya, data yang tersimpan di dalam HDD akan bertahan selamanya selama data tidak dihapus pengguna atau perangkat mengalami kerusakan.
Pada jenis komputer yang berbeda, berbeda pula kapasitas penyimpanan HDD. Semakin tinggi kapasitas HDD mengindikasikan semakin banyak data yang bisa ditampung. Kemampuan menampung data HDD biasa ditulis dalam satuan gigabita (GB).



7.3. RAM
RAM (random access memory) atau sering juga disebut memori akses acak, adalah perangkat keras yang berfungsi menyimpan data-data sementara. Data-data ini bisa diperoleh dari hard disk, perangkat input-output, atau data-data hasil pemrosesan sebuah program. Bukan hanya itu, data-data tersebut juga diambil secara acak.
RAM bekerja sama dengan CPU. Agar tidak bingung, kita ambil contoh sebuah proses yang memerlukan data sebesar 1 GB. Agar proses tersebut dapat berjalan, mesti ada memori yang menyimpan dan menyalurkan data tersebut ke CPU, bukan?
Di sinilah RAM berperan di mana data tersebut disimpan dan dijalankan oleh CPU sehingga dapat menampilkan objek visual seperti pada layar kamu saat ini. Setelah proses berakhir, data sebesar 1 GB tersebut akan dibuang dan RAM melanjutkan ke data berikutnya.
RAM memiliki kapasitas yang sangat bervariasi, mulai dari 2 GB, 4 GB, bahkan 65 GB. Di atas itu biasanya hanya dimiliki superkomputer. Akan tetapi, masih ada sejumlah komputer yang terintegarasi RAM beberapa MB saja, biasanya merupakan sisa-sisa peninggalan komputer zaman dahulu.
Perangkat ini termasuk perangkat bongkar pasang sehingga kamu dapat menggantinya dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Namun, setiap komputer memiliki batas maksimal kapasitas RAM tersendiri.
 
7.4. VGA  Card
VGA (video graphics array) atau dalam istilah awam dikenal sebagai kartu grafis, adalah memori yang memproses grafis. Secara sederhana, perangkat bongkar pasang ini memproses perintah yang diterima dari CPU ke dalam bentuk visual seperti yang tampil di layar komputer kamu saat ini.
Ada banyak merek-merek VGA, dua yang paling populer adalah Intel HD Graphics dan NVIDIA GeForce. Untuk penggunaan berat seperti mengedit video atau bermain game, pengguna lebih prefer dengan NVIDIA GeForce karena kompabilitasnya yang tinggi.


7.5. ROM
Pernahkah kamu mencoba fitur hibernate atau sleep yang disediakan Windows? Sementara aliran listrik telah dimatikan, ketika dinyalakan lagi komputer bisa membuka kembali program-program yang dijalankan ketika itu. Hal ini bisa terjadi karena data tersebut tersimpan dalam ROM (read-only memory).
ROM adalah salah satu memori dalam komputer. Seperti namanya, memori ini hanya bisa dilihat; tidak bisa diubah. Berbeda dengan RAM, ROM bersifat permanen dan biasanya data yang ada diisi oleh pabrik yang membuatnya. Maka dari itu, ROM biasanya digunakan untuk menyimpan firmware.
 



7.6. Sound Card
Sound card adalah perangkat keras yang berfungsi mengeluarkan suara. Hal ini bisa terjadi karena sound card memiliki output yang memproses dan menghantarkan data berupa suara.
Ketika output ini dimasukkan, misalnya dengan speaker, maka data yang diterima sound card akan diproses dan dikeluarkan melalui speaker.




B. Software ( Perangkat Lunak )

Software adalah sekumpulan program yang berfungsi mengontrol semua proses komputer.
Perangkat lunak Teknologi Informasi:
-          Operating System
-          Utility Program
-          Package Program
-          Program Languange
Operating System, berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan kerja dari semua unit peralatan komputer.
Beberapa contoh Operating System adalah Windows, Linuk, Mac OS, Tigger, Palm OS, Symbian.
Ulity Program, berfungsi untuk melengkapi dari OS yang berguna untuk berbagai keperluan seperti memformat disk, mengcopy, dan lain-lain.
Package Program, program yang berfungsi untuk mengolah data sesuai dengan kebutuhan masing-masing pemakai.
* Word Processing
– Wordstar
– Ms. Word
* Spreadsheet
– Lotus 123
– Ms.  Excel
* Animasi dan Grafis
– Ms. Power Point
– Corel Draw
– Freehand
Perangkat Lunak Teknologi Komunikasi
Software komputer yang digunakan pada teknologi komunikasi diperlukan untuk berkomunikasi. Contoh software yang diperlukan sebagai berikut:
– Web browser, misalnya Microsoft Internet Explorer dan Mozila Firefox.
– File Transfer Protokol (FTP), misalnya Cute FTP, Core FTP, dan WS_FTP yaitu untuk mentransfer file anter komputer dengan komputer server di internet.
– Software untuk e-mail, misalnya Microsoft Outlook Express atau Netscape Mail.
– Software chatting, misalnya mIRC, Yahoo Messenger, ICQ
– Software untuk mengatur jaringan LAN, misalnya WInGate.

C. Brainware (Tenaga Manusia)

Brainware adalah pemakai komputer atau subjek yang mengoperasikan komputer tersebut.
-          Sytem Analyst
-          Programmer
-          Operator
-          Tekhnisi

System Analyst
Tugas dari seorang System Analis:
– Komputerisasi
– Mempelajari organisasi yang sedang berjalan
– Menganalisa suatu output yang sudah ada
– Meyelidiki sistem yang sedang berjalan
– Medisain suatu proyek sesuai degnan permintaan pemakai komputer

Programmer
Tugas dari seorang Programmer adalah:
– Membuat program dengan menggunakan bahasa yang dimengeri oleh komputer.
– Membuat Flowchart untuk membuat logika dari program.
Programmer dapat dibedakan menjadi:
– Aplikasi Programmer, yaitu orang yang bekerja dalam pembuatan program yang diberikan oleh sistem analis.
– System Programmer, yaitu orang yang bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perkembangan Operating System Software.

Operator
Operator dapat dibedakan menjadi:
– Data Entry, yaitu orang memasukan data-data kedalam media komputer.


– Komputer Operator, yaitu orang merawat, menjalankan, serta menghentikan komputer.

Computer Enngineering / Teknisi
Orang yang bertugas menjaga kelangsungan bekerja mesin komputer secara keseluruhan, termasuk mengganti dengan suku cadang baru apabila terjadi kerusakan.

D. Penggolongan Komputer

1. Berdasarkan kemampuan pengolahan data dan bentuk fisiknya.

a. Main Frame merupakan komputer yang memiliki ratusan atau ribuan unit prosesor.Main frame dapat membagi memori untuk beberapa pemakai (multiuser) dan dapat menjalan program yang berbeda pada saat yang sama (multi tasking).

  

b. Minicomputer, merupakan bentuk mini dari mainframe yang memiliki puluhan unit prosesor.

c. Personal computer (PC) atau Microcomputer adalah komputer yang berukuran relatif kecil dan ditujukan untuk satu pemakai (single user).



d. Komputer Portabel (mobile computer) adalah komputer yang berukuran lebih kecil daripada PC sehingga mudah dibawa dan dipindahkan.



2. Berdasarkan jenis data yang diolah

a. Komputer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif berdasarkan input dari keadaan lingkungan yang nyata, bekerja secara kontinu dan paralel. Contohnya adalah komputer yang digunakan di rumah sakit untuk mengukur suhu dan kelembapan.

 

b. Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif, yaitu huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter-karakter khusus berdasarkan input dari pulsa elektronik. Contohnya adalah PC (personal computer).


 
c. Komputer hibrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan digital. Contohnya adalah faksimili.


No comments:

Post a Comment