BAB I TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Teknologi adalah pengetahuan
keterampilan yang dipadu untuk menghasilkan produk yang dapat digunakan manusia
dalam memudahkan kegiatannya.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup
dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi adalah
meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat
bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi
Teknologi Komunikasi adalah
segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantuuntuk memproses dan
mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.
Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung
pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,
manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media
Contoh
teknologi informasi :
-
Komputer
-
Radio
-
Televisi
-
Internet
Contoh
teknologi komunikasi :
- Satelit
- Modem
- Telepon
BAB II PERANGKAT KOMPUTER
Definisi Komputer
Menurut ejaan aslinya, Komputer berarti alat hitung. Kata Komputer
berasal dari bahasa latin “COMPUTARE” yang berarti menghitung (dalam bahasa
inggrisnya to “Compute”)
Komputer terdiri dari alat logik yang dapat menerima data,
mengolah data, kemudian memberikan hasil dari pengolahan data tadi berupa
output.
Definisi komputer menurut beberapa ahli:
* Menurut buku Computer Today, komputer adalah suatu sistem elekronik
untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat serta dirancang dan di
organisasikan supaya secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data input (
masukan ) memproses data tersebut, dan menghasilkan output ( keluaran )
berdasarkan langkah-langkah perintah pada program yang tersimpan di memori
* Menurut Hamacher, komputer adalah mesin
penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital,
kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan
menghasilkan output berupa informasi.
* Menurut Fuori, komputer adalah suatu pemproses data yang dapat
melakukan perhitungan dalam skala besar secar a cepat termasuk perhitungan
aritmetika dan operasi logika tanpa campur tangan dari manusia
Elemen
Komputer terdiri atas :
1. Perangkat Keras ( Hardware)
2. Perangkat Lunak (Sofware)
3. Brainware
1. Perangkat Keras ( Hardware)
2. Perangkat Lunak (Sofware)
3. Brainware
A. Hardware (Perangkat Keras)
Hardware adalah perangkat keras yang berhubungan dengan fisik komputer,
yang dapat dipegang.
Hardware
terdiri dari:
1. Input
Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
Contoh Input Device adalah:
– Keyboard
– Mouse
– Scanner
– Digital Camera
– Microphone
– Lightpens
– Keyboard
– Mouse
– Scanner
– Digital Camera
– Microphone
– Lightpens
2. Process Device
(Alat Proses)
Adalah perangkat keras
komputer yang berfungsi sebgai alat untuk memproses masukan data atau perintah
ke komputer sebelum dikeluarkan hasilnya ke alat keluaran.
Contoh Proces Device
adalah:
- CPU
- Hardisk
- RAM
3. Output
Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Contoh Output
Device:
– Monitor
– Printer
– Plotter
– LCD Proyektor
– Monitor
– Printer
– Plotter
– LCD Proyektor
Bagian-bagian Komputer
1.
Casing
Bagian
yang melapisi perangkat-perangkat keras ini disebut casing. Ibarat rumah,
casing berfungsi melindungi “penghuninya” — perangkat-perangkat keras seperti
motherboard, hardisk, power supply, memory dan lain-lain — dari gangguan
eksternal seperti benturan, panas, debu, dan air sehingga perangkat bisa tetap
berjalan seyogianya.
Casing
umumnya berbentuk kotak dengan lebar antara 30–40 cm dan panjang 50–60 cm.
Casing sering menjadi alas bagi monitor, meski ada juga casing yang dibuat
menyatu dengan monitor.
2.
Keyboard
Keyboard
adalah papan yang tersusun atas tombol-tombol kecil bertuliskan huruf, angka,
dan beberapa simbol yang memanfaatkan USB kabel sebagai konektornya. Keyboard
digunakan sebagai sarana mengetik dalam pengoperasian komputer.
3.
Mouse
Dinamai
demikian karena kabelnya yang menjulur menyerupai ekor tikus.
Kegunaannya
antara lain mengontrol kursor di jendela tampilan, menggulir (scrolling) halaman,
dan memperbesar (zoom-in) dan memperkecil (zoom-out) tampilan.
Mouse bekerja dengan mendeteksi gerakan menggunakan
bola yang menyentuh permukaan keras. Akan tetapi, mouse modern tidak lagi
menggunakan bola, tetapi menggunakan sinar optis yang memungkinkan pendeteksian
yang lebih cepat. Bahkan, mouse sudah hadir dengan teknologi nirkabel.
4.
CD/DVD ROM
CD/DVD ROM (compact
disk/digital versatile
disc read-only memory) merupakan salah satu memori
yang hanya bisa dibaca (read-only); tidak bisa ditulis atau diubah. CD/DVD ROM hanya bisa
membaca kepingan CD.
Macam-macam CD ROM:
1.
CD R
Merupakan
tempat penyimpanan data permanen dengan kapasitas 700Mb.
2.
CD RW
Merupakan
tempat penyimpanan data berkapasitas 700Mb. Yang membedakan antara CD R dan CD
RW adalah kalau data yang telah disimpan di CD R tidak bisa dihapus lagi (
telah permanen ). Sedangkan CD RW data yang telah tersimpan bisa sewaktu-waktu
dihapus.
3.
DVD R
Sama
halnya dengan CD R, tetapi DVD R memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih
besar yaitu sekitar 4,6Gb.
4. DVD RW
Merupakan tempat penyimpanan data dengan
kapasitas sekitar 4,6GB. Yang membedakan antara DVD R dan DVD RW adalah hanya
dari segi penyimpanan data. Kalau di DVD R data yang tersimpan tidak bisa
dihapus ( telah tersimpan dengan permanen ). Sedangkan DVD RW data yang
tersimpan masih dapat seaktu-waktu dihapus. Harganya juga berbeda, tetapi tidak
terlalu jauh jaraknya.
5.
Monitor
Bagian
ini disebut monitor. Fungsinya bisa dibilang mirip dengan televisi. Monitor
adalah satu di antara perangkat jenis soft-copy devices yang menampilkan gambar
hasil visualisasi CPU.
Sebagaimana
televisi, monitor hadir dengan berbagai macam ukuran layar. Layar monitor pada
umumnya berukuran 17 sampai 20 inci. Teknologi layar monitor sendiri yang paling
populer adalah LED dan LCD.
Jenis-jenis
monitor saat ini sudah beragam, mulai dari yang berbentuk besar dengan layar
cembung, hingga bentuk slim dengan layar datar. Bahkan, kini hadir pula monitor
dengan layar sentuh (touchscreen) seperti pada layar ponsel pintar
(Smartphone).
6.
Power Supply
Power
supply adalah sebuah komponen yang berfungsi mengubah arus AC (alternating
current) menjadi DC (direct current).
Dalam konteks perangkat komputer, power supply sangat dibutuhkan karena
komputer hanya dapat bekerja melalui tegangan DC.
Tak
heran, apabila power supply rusak, maka arus DC menjadi tidak seimbang sehingga
akan terjadi kerusakan pada bagian-bagian komputer lainnya.
7.
Mainboard
Sering
juga disebut motherboard, adalah papan sirkuit yang tersusun atas beberapa
komponen utama yang saling terhubung. Komponen-komponen tersebut bekerja sama
dalam pengoperasian komputer.
Bagian-bagian
Motherboard (MB)
7.1.
CPU
CPU
atau central processing unit adalah sebuah perangkat keras yang menjadi pusat
pemrosesan data.
CPU
Jika dikaitkan dengan struktur tubuh manusia, ibarat otak. Jika otak manusia
sebagai pusat kendali tubuh seperti bergerak, mendengar, atau berbicara,
demikian pula CPU. CPU-lah yang mengontrol seluruh aktivitas komputer sehingga mampu
mengeluarkan objek visual pada layar monitor (yang diterima melalui perangkat
lunak), mengeluarkan suara melalui sound system, dan membuat keyboard serta
mouse bekerja.
Dengan
kata lain, tanpa hadirnya perangkat keras yang satu ini, mustahil sebuah komputer
dapat beroperasi.
Satuan
umum kecepatan CPU adalah Ghz (gigahertz), yaitu berapa gigabita yang bisa
diproses dalam satu detik. Kecepatan CPU di tiap komputer berbeda; semakin
tinggi kecepatan tersebut, semakin banyak pula proses yang bisa dikerjakan
dalam satu detik.
7.2.
Hard Drive / Hardisk
Inilah
perangkat yang bertugas menyimpan seluruh pekerjaan kamu di komputer. Hard
drive, atau yang biasa disingkat HDD, adalah memori internal dalam komputer
yang bersifat permanen.
Artinya,
data yang tersimpan di dalam HDD akan bertahan selamanya selama data tidak
dihapus pengguna atau perangkat mengalami kerusakan.
Pada
jenis komputer yang berbeda, berbeda pula kapasitas penyimpanan HDD. Semakin
tinggi kapasitas HDD mengindikasikan semakin banyak data yang bisa ditampung.
Kemampuan menampung data HDD biasa ditulis dalam satuan gigabita (GB).
7.3.
RAM
RAM
(random access memory) atau sering juga disebut memori akses acak, adalah
perangkat keras yang berfungsi menyimpan data-data sementara. Data-data ini
bisa diperoleh dari hard disk, perangkat input-output, atau data-data hasil
pemrosesan sebuah program. Bukan hanya itu, data-data tersebut juga diambil
secara acak.
RAM
bekerja sama dengan CPU. Agar tidak bingung, kita ambil contoh sebuah proses
yang memerlukan data sebesar 1 GB. Agar proses tersebut dapat berjalan, mesti
ada memori yang menyimpan dan menyalurkan data tersebut ke CPU, bukan?
Di
sinilah RAM berperan di mana data tersebut disimpan dan dijalankan oleh CPU
sehingga dapat menampilkan objek visual seperti pada layar kamu saat ini.
Setelah proses berakhir, data sebesar 1 GB tersebut akan dibuang dan RAM
melanjutkan ke data berikutnya.
RAM
memiliki kapasitas yang sangat bervariasi, mulai dari 2 GB, 4 GB, bahkan 65 GB.
Di atas itu biasanya hanya dimiliki superkomputer. Akan tetapi, masih ada
sejumlah komputer yang terintegarasi RAM beberapa MB saja, biasanya merupakan
sisa-sisa peninggalan komputer zaman dahulu.
Perangkat
ini termasuk perangkat bongkar pasang sehingga kamu dapat menggantinya dengan
spesifikasi yang lebih tinggi. Namun, setiap komputer memiliki batas maksimal
kapasitas RAM tersendiri.
7.4.
VGA Card
VGA
(video graphics array) atau dalam istilah awam dikenal sebagai kartu grafis,
adalah memori yang memproses grafis. Secara sederhana, perangkat bongkar pasang
ini memproses perintah yang diterima dari CPU ke dalam bentuk visual seperti
yang tampil di layar komputer kamu saat ini.
Ada
banyak merek-merek VGA, dua yang paling populer adalah Intel HD Graphics dan
NVIDIA GeForce. Untuk penggunaan berat seperti mengedit video atau bermain
game, pengguna lebih prefer dengan NVIDIA GeForce karena kompabilitasnya yang
tinggi.
7.5.
ROM
Pernahkah
kamu mencoba fitur hibernate atau sleep yang disediakan Windows? Sementara
aliran listrik telah dimatikan, ketika dinyalakan lagi komputer bisa membuka
kembali program-program yang dijalankan ketika itu. Hal ini bisa terjadi karena
data tersebut tersimpan dalam ROM (read-only memory).
ROM
adalah salah satu memori dalam komputer. Seperti namanya, memori ini hanya bisa
dilihat; tidak bisa diubah. Berbeda dengan RAM, ROM bersifat permanen dan
biasanya data yang ada diisi oleh pabrik yang membuatnya. Maka dari itu, ROM
biasanya digunakan untuk menyimpan firmware.
7.6. Sound Card
Sound
card adalah perangkat keras yang berfungsi mengeluarkan suara. Hal ini bisa
terjadi karena sound card memiliki output yang memproses dan menghantarkan data
berupa suara.
Ketika
output ini dimasukkan, misalnya dengan speaker, maka data yang diterima sound
card akan diproses dan dikeluarkan melalui speaker.
B. Software ( Perangkat Lunak )
Software adalah sekumpulan program yang berfungsi mengontrol semua proses komputer.
Perangkat
lunak Teknologi Informasi:
-
Operating System
-
Utility Program
-
Package Program
-
Program Languange
Operating
System,
berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan kerja dari semua unit peralatan
komputer.
Beberapa contoh Operating System adalah Windows, Linuk, Mac OS, Tigger, Palm OS, Symbian.
Beberapa contoh Operating System adalah Windows, Linuk, Mac OS, Tigger, Palm OS, Symbian.
Ulity
Program,
berfungsi untuk melengkapi dari OS yang berguna untuk berbagai keperluan
seperti memformat disk, mengcopy, dan lain-lain.
Package
Program,
program yang berfungsi untuk mengolah data sesuai dengan kebutuhan
masing-masing pemakai.
*
Word Processing
– Wordstar
– Ms. Word
* Spreadsheet
– Lotus 123
– Ms. Excel
* Animasi dan Grafis
– Ms. Power Point
– Corel Draw
– Freehand
– Wordstar
– Ms. Word
* Spreadsheet
– Lotus 123
– Ms. Excel
* Animasi dan Grafis
– Ms. Power Point
– Corel Draw
– Freehand
Perangkat
Lunak Teknologi Komunikasi
Software komputer yang digunakan pada teknologi komunikasi diperlukan untuk berkomunikasi. Contoh software yang diperlukan sebagai berikut:
Software komputer yang digunakan pada teknologi komunikasi diperlukan untuk berkomunikasi. Contoh software yang diperlukan sebagai berikut:
–
Web browser, misalnya Microsoft Internet Explorer dan Mozila Firefox.
– File Transfer Protokol (FTP), misalnya Cute FTP, Core FTP, dan WS_FTP yaitu untuk mentransfer file anter komputer dengan komputer server di internet.
– Software untuk e-mail, misalnya Microsoft Outlook Express atau Netscape Mail.
– Software chatting, misalnya mIRC, Yahoo Messenger, ICQ
– Software untuk mengatur jaringan LAN, misalnya WInGate.
– File Transfer Protokol (FTP), misalnya Cute FTP, Core FTP, dan WS_FTP yaitu untuk mentransfer file anter komputer dengan komputer server di internet.
– Software untuk e-mail, misalnya Microsoft Outlook Express atau Netscape Mail.
– Software chatting, misalnya mIRC, Yahoo Messenger, ICQ
– Software untuk mengatur jaringan LAN, misalnya WInGate.
C. Brainware (Tenaga Manusia)
Brainware adalah pemakai komputer atau subjek
yang mengoperasikan komputer tersebut.
-
Sytem Analyst
-
Programmer
-
Operator
-
Tekhnisi
System
Analyst
Tugas dari seorang System Analis:
– Komputerisasi
– Mempelajari organisasi yang sedang berjalan
– Menganalisa suatu output yang sudah ada
– Meyelidiki sistem yang sedang berjalan
– Medisain suatu proyek sesuai degnan permintaan pemakai komputer
Tugas dari seorang System Analis:
– Komputerisasi
– Mempelajari organisasi yang sedang berjalan
– Menganalisa suatu output yang sudah ada
– Meyelidiki sistem yang sedang berjalan
– Medisain suatu proyek sesuai degnan permintaan pemakai komputer
Programmer
Tugas dari seorang Programmer adalah:
– Membuat program dengan menggunakan bahasa yang dimengeri oleh komputer.
– Membuat Flowchart untuk membuat logika dari program.
Tugas dari seorang Programmer adalah:
– Membuat program dengan menggunakan bahasa yang dimengeri oleh komputer.
– Membuat Flowchart untuk membuat logika dari program.
Programmer
dapat dibedakan menjadi:
– Aplikasi Programmer, yaitu orang yang bekerja dalam pembuatan program yang diberikan oleh sistem analis.
– System Programmer, yaitu orang yang bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perkembangan Operating System Software.
– Aplikasi Programmer, yaitu orang yang bekerja dalam pembuatan program yang diberikan oleh sistem analis.
– System Programmer, yaitu orang yang bertanggung jawab atas pemeliharaan dan perkembangan Operating System Software.
Operator
Operator
dapat dibedakan menjadi:
– Data Entry, yaitu orang memasukan data-data kedalam media komputer.
– Data Entry, yaitu orang memasukan data-data kedalam media komputer.
–
Komputer Operator, yaitu orang merawat, menjalankan, serta menghentikan
komputer.
Computer Enngineering / Teknisi
Orang
yang bertugas menjaga kelangsungan bekerja mesin komputer secara keseluruhan,
termasuk mengganti dengan suku cadang baru apabila terjadi kerusakan.
D. Penggolongan Komputer
1. Berdasarkan kemampuan pengolahan data dan bentuk
fisiknya.
a. Main Frame merupakan komputer yang memiliki ratusan atau ribuan unit prosesor.Main
frame dapat membagi memori untuk beberapa pemakai (multiuser) dan dapat
menjalan program yang berbeda pada saat yang sama (multi tasking).
b. Minicomputer, merupakan bentuk mini dari mainframe
yang memiliki puluhan unit prosesor.
c. Personal computer (PC) atau Microcomputer adalah komputer yang berukuran
relatif kecil dan ditujukan untuk satu pemakai (single user).
d. Komputer Portabel (mobile computer) adalah komputer yang berukuran lebih kecil daripada PC sehingga mudah
dibawa dan dipindahkan.
2. Berdasarkan jenis data yang diolah
a. Komputer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif berdasarkan
input dari keadaan lingkungan yang nyata, bekerja secara kontinu dan paralel.
Contohnya adalah komputer yang digunakan di rumah sakit untuk mengukur suhu dan
kelembapan.
b. Komputer digital digunakan untuk mengolah data
kuantitatif, yaitu huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta
karakter-karakter khusus berdasarkan input dari pulsa elektronik. Contohnya
adalah PC (personal computer).
c. Komputer hibrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan digital.
Contohnya adalah faksimili.
No comments:
Post a Comment